Minggu, 11 Juli 2010

PERBEDAAN ANTARA GAGASAN UTAMA / IDE POKOK KALIMAT UTAMA , KESIMPULAN

1. GAGASAN UTAMA /ide pokok: Pokok masalah yang mendasari cerita yang bersifat abstrak/ implisit atau kata – kata kunci yang terdapat dalam kalimat utama.

2. KALIMAT UTAMA : Realisasi yang berupa pernyataan atau kalimat dari ide pokok biasanya terletak di awal dan di akhir paragraph.

3. KESIMPULAN : Suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.

CONTOH 1 PARAGRAF DEDUKSI
Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula. Cara yang dapat dilakukan dengan menampilkan tokoh kartun, boneka, badut yang lucu, tetapi mengandung unsure pendidikan. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat pula mewakili pesan moral. Misalnya, kancil menipu buaya atau sejenisnya. Tokoh orang bertubuh raksasa, tetapi sangat baik terhadap sesama.
1. GAGASAN UTAMANYA/ide pokok: Bacaan yang baik untuk anak
2. KALIMAT UTAMANYA : Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula.
3. KESIMPULANNYA : Bacaan yang baik untuk anak sebaiknya menceritakan tokoh kartun yang mengandung unsur pendidikan dan pesan moral

CONTOH 2 PARAGRAF INDUKSI
Sudah ada ide tetapi sukar untuk dituangkan. Selalu dihadapkan dengan persoalan apa yang hendak ditulis ? Seberapa panjang tulisan yang akan ditulis. Keringnya pengetahuan terhadap topik yang hendak dikembangkan. Demikianlah pengalaman seseorang pada awal belajar menulis.

1. GAGASAN UTAMANYA : Pengalaman belajar menulis
2. KALIMAT UTAMANYA : Demikianlah pengalaman seseorang pada awal belajar menulis.
3. KESIMPULANNYA : Pengalaman awal belajar menulis yaitu ketidaktahuan mengenai topik yang akan ditulis atau bingung dalam memilih topik.


SILOGISME
Ialah menarik suatu kesimpulan dari pernyataan umum (PU) lalu disusul dengan pernyataan bersifat khusus (PK) dan diakhiri dengan kesimpulan (K). Silogisme bagian dari penalaran DEDUKSI
RUMUS SILOGISME :
PU : A = B
PK : C = A
K : C = B
Contoh 1:
PU : Pelajar harus mematuhi peraturan sekolah
A B

PK : Saya pelajar
C A

K : Saya harus mematuhi peraturan sekolah
C B


Contoh 2 :

PU : Seseorang yang jujur selalu menepati janji
A B

PK : Paman saya seorang yang jujur
C A

K : Paman saya selalu menepati janji
C B