Senin, 19 Juli 2010

POLA – POLA PENGEMBANGAN PARAGRAF

1. DEDUKTIF : Menyajikan hal-hal yang umum menuju ke hal yang khusus. Kalimat utama terletak di awal paragraph.
2. INDUKTIF : Menyajikan hal-hal yang khusus menuju ke hal yang umum. Kalimat utama terletak di akhir paragraph.
3. ANALOGI / ILUSTRASI : Membandingkan 2 hal / benda / peristiwa / suasana yang mempunyai kemiripan atau kesamaan sifat/bentuk dengan tujuan memperjelas informasi utama. Analogi/ilustrasi biasanya dipakai untuk membandingkan sesuatu yang dikenalbaik oleh umum dengan sesuatu yang belum dikenal.
4. PERTENTANGAN ; Mencari perbedaan dari dua hal/sesuatu benda.
5. CAMPURAN : Mencari perbedaan dan persamaan dari dua benda/ sesuatu.
6. DEFINISI : Pengembangan paragraph dengan cara membuat suatu pernyataan dari suatu peristiwa atau istilah secara rinci.
7. SEBAB – AKIBAT : Pengembangan paragraph dengan cara mengurai sebab-sebab kejadian lalu diteruskan akibatnya.
8. AKIBAT – SEBAB : Pengembangan paragraph dengan cara menyajikan akibat kejadian lalu diteruskan dengan menguraikan sebab-sebabnya.
9. PROSES : Pengembangan paragraph dengan menjelaskan langkah-langkah dalam proses membuat sesuatu/ menjelaskan tahap-tahap kejadian .
10. KLIMAKS – ANTIKLIMAKS : Pengembangan paragraph dengan cara menjelaskan gagasan yang paling rendah berangsur-angsur ke gagasan yang lebih tinggi. Misal : Traktor tenaga uap , lalu tenaga batubara, rantai, disel (solar), tenaga nuklir.
11. KLASIFIKASI : Pengembangan paragraph dengan cara mengelompokkan benda-benda yang dianggap mempunyai kesamaan tertentu untuk memperoleh kelas-kelas tertentu. Misal dalam BIOLOGI .